Ads

Blog bisnisedia.com

Efek Minum Kopi bagi Kesehatan Hati

Kamis, 01 September 2016 22:50 Moldy Ramadhan on Kesehatan 269

Banyak penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa kopi memiliki efek positif terhadap kesehatan hati. Simak selengkapnya di bawah ini.

Kopi merupakan jenis minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Hingga saat ini, konsumsi kopi sering kali dikaitkan atau bahkan diidentikkan dengan efek negatif untuk tubuh. Namun, banyak penelitian terbaru menyebutkan bahwa kopi ternyata memiliki efek positif terhadap tubuh, terutama kesehatan hati.

Efek Minum Kopi bagi Kesehatan Hati

Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup disebutkan dapat mengurangi kerusakan hati. Kerusakan hati bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti alkohol, virus hepatitis, perlemakan hati nonalkohol, sirosis, hingga kanker hati. Konsumsi kopi pun dihubungkan dengan perbaikan kadar enzim-enzim yang mencerminkan fungsi hati, seperti SGOT, SGPT dan GGT.

Lalu, penyakit hati apa sajakah yang dikaitkan dengan efek positif dari kopi?

  • Sirosis

Sirosis merupakan penyakit hati kronis yang dapat menyebabkan kematian. Sebuah penelitian yang menelaah lebih dari 430.000 partisipan menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari terkait dengan menurunnya faktor risiko sirosis hingga 44%. Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi sebanyak 2-3 cangkir dapat menurunkan risiko sirosis hingga 57%.

  • Kanker Hati

Walaupun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, beberapa penelitian telah menyebutkan efek positif kopi terhadap menurunnya insiden kanker hati. Penelitian yang dilakukan oleh Tanaka, et al dan Gelatti et al, menyebutkan bahwa pada orang-orang yang mengonsumsi kopi sebanyak 3-4 cangkir sehari selama 1-2 tahun dikaitkan dengan menurunnya risiko kanker hati.

  • Penyakit Hati Kronis

Konsumsi kopi juga dikaitkan dengan berkurangnya insiden penyakit hati kronis. Penelitian yang dilakukan Modi et al menyebutkan bahwa ada hubungan antara konsumsi kopi harian dengan tingkat beratnya fibrosis hati pada orang yang menderita penyakit hati kronis. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi 1-2 cangkir kopi dikaitkan dengan menurunnya angka fibrosis hati.

Mengonsumsi kopi 2-3 cangkir disebutkan memiliki efek menguntungkan bagi tubuh, seperti untuk melindungi hati. Namun, ingat bahwa tidak semua jenis kopi baik untuk hati. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa kopi yang difilter memiliki efek perlindungan hati, sementara kopi jenis espresso justru tidak mempunyai efek positif untuk kesehatan. Saat ini memang banyak penelitian yang mendukung efek positif kopi terhadap kesehatan hati, tetapi ingatlah bahwa mengonsumsi kopi tetap ada batasnya, dan bagi yang tidak kuat mengonsumsi kopi maka jangan dipaksakan. 

Ditulis oleh:

dr. Dewi Ema Anindia

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Label : kesehatan
0 Komentar
Ads 300x250

Status Terkini