Ads

Blog bisnisedia.com

Kerja webmaster dan apa yang dikerjakan seorang webmaster

Rabu, 25 Mei 2016 00:09 Jhoel Rocher 5094

Sobat sekalian saya mau coba jelaskan sedikit yang saya ketahui tentang Bekerja sebagai webmaster dan apa saja sih yang dikerjakan oleh seorang webmaster? kebetulan abiz browsing gak dapat-dapat. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Sebagai seorang webmaster tugas yang utama tentunya berhubungan dengan website dari merancang, implementasi dan memelihara situs web untuk perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi, lembaga pemerintah, atau lembaga lainnya. Webmaster harus memiliki pengetahuan tentang konfigurasi jaringan, antarmuka, desain grafis, pengembangan perangkat lunak, bisnis, menulis, pemasaran, dan manajemen proyek. Karena fungsi dari webmaster mencakup begitu banyak tanggung jawab yang berbeda, posisi ini sering diadakan oleh tim individu dalam sebuah organisasi besar.

wemaster

Sejarah Webmaster

Berawal dari  dikembangkan ARPANET( An Experimental Computer Network Established) atau jaringan komputer eksperimental didirikan pada tahun 1960 oleh Departemen Pertahanan AS. Pada 1980-an, Internet telah digunakan oleh banyak lembaga pemerintah dan pendidikan.

World Wide Web merupakan gagasan dari fisikawan Tim Berners-Lee. Meskipun Berners-Lee membentuk idenya dari Web pada tahun 1989, empat tahun sebelum Web browser pertama (Mosaic) yang memungkinkan untuk menavigasi Web. Bisnis cepat menyadari potensi komersial dari Web dan segera mengembangkan situs Web mereka sendiri.

Tidak ada satu orang atau organisasi yang bertanggung jawab dari apa yang ada di internet dan apa yang di internet tersebut. Namun, setiap situs Web perlu seorang individu atau tim pekerja, untuk mengumpulkan, mengatur, dan memelihara data secara online. spesialis ini disebutlah Webmaster, mengelola situs untuk bisnis dari ukuran organisasi nirlaba, sekolah, instansi pemerintah, dan individu swasta.

Deskripsi Pekerjaan Webmaster

Karena ide merancang dan memelihara situs Web relatif baru, tidak ada yang lengkap deskripsi pekerjaan yang pasti untuk webmaster. Banyak dari tanggung jawab pekerjaan mereka tergantung pada tujuan dan kebutuhan organisasi tertentu yang mereka kerjakan. Namun demikian, ada beberapa tugas dasar yang umum untuk semua webmaster.

Webmaster, kata lainnya Manajer Situs, tempat utama untuk perkemangan sebuah situs web yang harus ada. Ia akan makukan dengan kontrak dengan penyedia layanan Internet. Penyedia berfungsi sebagai fasilitas penyimpanan informasi secara online, biasanya memungut biaya bulanan yang ditetapkan dalam jumlah tertentu(per Megabit dll). Webmaster mungkin juga bertanggung jawab untuk membangun Uniform Resource Locator atau URL, untuk situs Web yang sedang ia berkembang. URL berfungsi sebagai alamat online dari situs dan harus terdaftar oleh InterNIC atau layanan pendaftaran URL Web.

Webmaster bertanggung jawab mengembangkan situs Web untuk organisasinya. Dalam beberapa kasus, memungkinkan webmaster menulis isi teks dari halaman yang akan digunakan dan atau hanya bertanggung jawab untuk pemrograman sedemikian rupa sehingga dapat ditampilkan pada halaman Web. Dalam perusahaan besar webmaster mengkhususkan diri dalam konten, adaptasi, dan penyajian data.

Agar sebuah teks ditampilkan pada halaman Web, harus diformat dengan menggunakan hypertext markup language (HTML). HTML adalah sistem pengkodean teks sehingga komputer yang membaca tahu bagaimana menampilkannya. Misalnya, teks dapat dikodekan menjadi ukuran atau warna tertentu atau menjadi dicetak miring atau tebal. Paragraf, baris, keselarasan, dan margin adalah contoh lain dari atribut teks yang harus dikodekan dalam HTML.

Seiring dengan perkembangan coding teks, webmaster harus merancang elemen dari situs Web sedemikian rupa sehingga menyenangkan, terorganisir dengan baik, dan mudah dinavigasi. Ia mungkin menggunakan berbagai warna, pola latar belakang, gambar, tabel, atau grafik. Unsur-unsur grafis dapat berasal dari file gambar yang sudah di Web, file clip art software, atau gambar scan di dalam komputer dengan scanner elektronik. Dalam beberapa kasus, ketika sebuah organisasi menggunakan situs Web untuk mempromosikan produk atau jasa, webmaster dapat bekerja dengan spesialis pemasaran atau departemen untuk mengembangkan halaman.

Beberapa situs web memiliki beberapa direktori atau folder. Artinya, sebuah organisasi mungkin memiliki beberapa halaman Web, yang diselenggarakan dalam cabang dengan halaman rumah yang terhubung, melalui link hypertext, ke halaman lain, yang pada gilirannya akan terkait dengan halaman lain. webmaster bertanggung jawab untuk mengatur halaman dalam sedemikian rupa sehingga pengunjung dapat dengan mudah menelusuri melalui mereka dan menemukan apa yang dia cari. webmaster seperti ini disebut programmer dan pengembang, mereka juga bertanggung jawab untuk menciptakan alat Web dan fungsionalitas Web khusus.

Untuk webmaster yang bekerja untuk organisasi yang memiliki beberapa situs Web yang berbeda, salah satu tanggung jawab mungkin memastikan bahwa "gaya" atau penampilan dari semua halaman yang sama. Hal ini sering disebut sebagai " style". Dalam organisasi besar, seperti perguruan tinggi, di mana berbagai departemen dapat mengembangkan dan memelihara halaman mereka sendiri, itu sangat penting adanya webmaster untuk memantau halaman dan memastikan konsistensi dan kesesuaian dengan Persyaratan organisasi. Hampir dalam setiap kasus, webmaster memiliki kewenangan akhir untuk konten dan tampilan situs web di organisasinya. Ia harus hati-hati mengedit, mengoreksi, dan memeriksa penampilan setiap halaman.

Selain merancang dan menyiapkan situs Web, yang paling dibebankan webmaster dengan menjaga dan memperbarui situs yang ada. Sebagian besar situs berisi informasi yang berubah secara teratur. Beberapa berubah setiap hari atau bahkan jam. Tergantung pada majikannya dan jenis situs Web, webmaster dapat menghabiskan banyak waktu memperbarui dan renovasi halaman. Dia juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hyperlink yang ada di situs Web mengarah ke situs yang seharusnya. Untuk menjaga agar link tidak menjadi usang, webmaster biasanya melakukan cek link di setiap beberapa minggu.

Tugas pekerjaan lainnya bervariasi, tergantung pada majikan dan posisi. Kebanyakan webmaster bertanggung jawab untuk menerima dan menjawab pesan email dari pengunjung ke situs Web organisasi. Beberapa webmaster menjaga log dan membuat laporan tentang kapan dan seberapa sering halaman mereka dikunjungi dan oleh siapa. Tergantung pada perusahaannya, situs Web menghitung mana saja dari 300-1,4 Juta kunjungan atau "hits" dalam sebulan. Beberapa juga membuat dan memelihara formulir pemesanan atau online atau  shopping cart yang memungkinkan pengunjung ke situs Web untuk membeli produk atau jasa. Beberapa mungkin melatih karyawan lainnya tentang cara membuat atau memperbarui halaman Web.

Terakhir, webmaster mungkin bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengikuti anggaran untuk departemen mereka.

Oke sekian penjelasannya, siapa tau sobat2 ada yang minat jadi webmaster.

Label : webmaster
0 Komentar
Ads 300x250

Status Terkini